PENGERTIAN DAN JENIS RISIKO

Secara sederhana, definisi risiko yakni suatu kondisi yang belum pasti, tetapi mengandung unsur bahaya sebagai konsekuensi atau akibat dari sesuatu. Sesuatu ini adalah usaha, bisnis, aktivitas, maupun keputusan yang Anda ambil.

Risiko terbagi menjadi berbagai macam, yaitu:

Spekulatif

Dalam risiko spekulatif, kamu bisa mengalami keuntungan, kerugian, atau sama sekali tidak ada perubahan. Contohnya adalah investasi saham. Nilai investasi di masa depan yang mungkin terjadi adalah untung, rugi, atau sama sekali tidak berubah. Kemungkinan tersebut bersifat spekulatif dan sudah disadari sebelum membeli.

Iklan

Murni

Pada risiko murni, bila terjadi akan menimbulkan kerugian, namun bila tidak terjadi tidak mendatangkan keuntungan maupun kerugian.

Contohnya :

  • Kecelakaan yang menyebabkan cacat, sehingga membuat diri tidak produktif dan tidak berpenghasilan.
  • Kebakaran, banjir, perampokan, gempa bumi, tanah longsor, gunung meletus, kecelakaan, dan lain-lain.

Jika tidak terjadi, Anda tentu bisa tinggal dan menikmati hidup dengan nyaman.

Iklan

Khusus

Kerugian dari risiko khusus bersifat pribadi sehingga dampaknya masih bisa diperkirakan atau diantisipasi di awal karena bersifat lokal. Contohnya adalah pencurian, kecelakaan, atau mungkin tabrakan.

Bagaimana cara mengantisipasinya (contoh untuk risiko tabrakan)? Anda bisa mengikuti asuransi untuk memberikan jaminan atau proteksi, baik terhadap kendaraan maupun diri sendiri. 

Fundamental

Bila terjadi, risiko fundamental dapat menimbulkan kerugian tidak hanya pada diri sendiri, tapi juga pada orang banyak. Risiko ini di luar kendali manusia. Misalnya, gempa bumi, longsor, tsunami, angin topan, dan lain-lain. Jika peristiwa tersebut melanda wilayah yang luas, maka risiko fundamental akan semakin besar.

Dari berbagai macam risiko tersebut, risiko spekulatif tidak dapat ditanggung asuransi. Dampak dari risiko tersebut juga bisa dinilai dengan uang dan tidak boleh bertentangan dengan hukum yang berlaku.

Ilmu lainnya tentang asuransi di baris berikut ini :

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s